Saturday, October 27, 2012

Ingredient yang Aneh ...

Pagi ini saya merasa tergelitik karena iklan salah satu produk penyegar di salah satu televisi swasta. Bagaimana tidak, iklan ini sedang mengingatkan bahwa sebenarnya kita harus lebih jeli terhadap ingredient atau kandungan dan jumlah bahan yang ada dalam sebuah produk yang dikonsumsi oral. Seperti yang dicontohkan produk penyegar atau anti panas dalam ini. Katanya ada produk lain yang mengandung 10 mg madu. Ternyata kalau ditimbang, 10 mg itu tidak lebih sama dengan 1 tetes saja! Nah lo...

Coba kalau kita nalar, apakah dengan jumlah segitu bisa memberikan manfaat pada tubuh kita? Mungkin kalau tubuh manusia sebesar belalang, mungkin kali ya, hehehe. 

Memang untuk beberapa zat tertentu, tubuh kita hanya membutuhkannya dengan jumlah yang sangat kecil. Malah kalau berlebih bisa menyebabkan malfunction pada organ tubuh atau dibuang lagi oleh tubuh. Berbeda dengan madu. Madu adalah turunan gula yang sudah termodifikasi oleh lebah menjadi produk yang lebih sehat jika dikonsumsi walaupun dimakan dalam jumlah banyak. Sepertinya si produsen sendiri terlalu pelit, sehingga keberadaan bahan-bahan yang serupa hanyalah sebagai syarat untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. 

Disinilah pentingnya kecerdasan konsumen. Sejauh ini perlindungan hak-hak konsumen sangat sedikit sekali terlaksana. Apalagi untuk kasus seperti ini. Alangkah baiknya kita sedikit meluangkan sedikit waktu untuk menilik kandungan produk yang akan dikonsumsi oral. Cerdas memilih tentulah memberi keuntungan lebih banyak bagi konsumen.(ED)

0 Komentar:

Post a Comment

Mohon Maaf, saya terpaksa membatasi komen di laman saya hanya untuk yang memiliki akun google, berhubung ada yang suka nge-spam di blog ini. Harap dimaklumi..

Created By Sora Templates