Tuesday, October 16, 2012

Kenapa Bunuh Diri itu Haram?

Islam sangat mengharamkan bunuh diri. Alasannya pertama, Allah adalah yang menetapkan bahwa nyawa adalah urusan dan hak-Nya. Maka sama saja dosanya jika mencabut nyawa orang lain dengan membunuh
diri sendiri. Jelaslah hal itu berarti melanggar hak Allah atau merampas milik Allah.

Firman Allah dalam Hadis Qudsi:
"Hambaku mempercepat pengakhiran hidupnya, maka Aku haramkan baginya masuk surga".

Alasan kedua, kenapa seseorang bunuh diri adalah karena imannya yang lemah. Kesulitan hidup hanyalah pemicu untuk melakukannya. Dengan iman berarti tahan menderita, sabar dan tabah menghadapi ujian dari Allah. Sedangkan bunuh diri adalah keputusasaan terhadap takdir dan rahmat Allah.

Adapun orang yang melakukan bunuh diri, dijatuhkan azab kepadanya sebagaimana cara dia melakukan bunuh diri. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah:
"Barangsiapa menjatuhkan diri dari atas gunung kemudian bunuh diri, maka dia berada di neraka, dia akan menjatuhkan diri ke dalam neraka untuk selama-lamanya. Dan barangsiapa minum racun kemudian bunuh diri, maka racunnya itu berada di tangannya kemudian minum di neraka jahanam untuk selama-lamanya. Dan barangsiapa bunuh diri dengan alat tajam, maka alat tajamnya itu di tangannya akan menusuk dia di neraka jahanam untuk selama-lamanya." (Riwayat Bukhari dan Muslim).

Bayangkan kalau saat ini orang melakukan bunuh diri dengan banyak cara, mulai dari gantung diri, minum pil atau obat serangga, sengaja mati digilas kereta api, dsb. seperti itu jugalah azabnya, malah lebih pedih.

4 comments:

  1. -kesimpulan

    Alasan:
    1. Semua hal adalah hak Allah
    2. Lemah iman - putus asa (?)

    Azab:
    Repetitive, menurut metode bunuh diri.

    Islam memang keren...

    ReplyDelete
  2. Bingung dengan hukum hukum allah swt.....kenyataan hidupku begitu berat aku sudah nggak sanggup dengan kenyataan ini....aku benar2 nggak sanggup aku mencoba untuk mendekat allah swt aku tetap nggak sanggup....aku coba membrontak tipu daya setan aku tetap nggak sanggup...

    ReplyDelete
  3. Bingung dengan hukum hukum allah swt.....kenyataan hidupku begitu berat aku sudah nggak sanggup dengan kenyataan ini....aku benar2 nggak sanggup aku mencoba untuk mendekat allah swt aku tetap nggak sanggup....aku coba membrontak tipu daya setan aku tetap nggak sanggup...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hindari berputus asa, Insyaallah selalu ada jalan.. Seperti lagunya Maher Zain "Insya Allah".. Intinya tidak pernah meninggalkan shalat fardhu dan ibadah wajib lainnya, obati hati dengan 5 perkara dan berusaha..
      Insya Allah..

      Delete

Mohon Maaf, saya terpaksa membatasi komen di laman saya hanya untuk yang memiliki akun google, berhubung ada yang suka nge-spam di blog ini. Harap dimaklumi..

Created By Sora Templates