Friday, October 19, 2012

Jembatan Kereta Api Tua yang Terlupakan

Jika anda pergi dari Padang ke Bukittinggi melalui Lembah Anai, anda akan menemui jembatan kereta api melintang melintasi udara di Lembah Anai. Rel-nya sudah dibangun sejak zaman belanda untuk mengangkut batubara dari Ombilin Sawahlunto. Dahulu kereta yang digunakan belanda adalah keretaapi uap yang digelari Mak Itam. Sekarang kereta tersebut sudah dimuseumkan dan bisa disaksikan di Museum kereta api Sawahlunto. Pada zaman soeharto, kereta yang dioperasikan untuk pengangkutan batubara adalah yang berjenis diesel. Rute kereta mulai dari Ombilin-Sawahlunto dan berakhir di Telukbayur-Padang. Daerah yang paling terjal yang harus dilewati oleh kereta api adalah kawasan lembah anai. Untuk mengantisipasinya, pemerintah kolonial belanda dahulu membuat rel bergigi pada tanjakan yang cukup curam.
Setelah tidak beroperasi lagi, rel kereta dibiarkan saja tanpa mengalami perawatan. Mungkin akan dijadikan heritage saja kali ya. Sebagai saksi bisu perkembangan transportasi di Sumatera Barat.
Pengambilan gambar dilakukan dari atas mobil yang sedang bergerak cepat. Saya menggunakan speed mode sehingga diperoleh gambar yang cukup tajam dan tidak blur saat kendaraan bergerak cepat. Untunglah cahaya cukup mendukung pada hari itu.


1 comment:

  1. Awesome information..
    Keep writing and giving us an amazing information like this..

    BW gan kunjungi nyapnyap.com

    ReplyDelete

Mohon Maaf, saya terpaksa membatasi komen di laman saya hanya untuk yang memiliki akun google, berhubung ada yang suka nge-spam di blog ini. Harap dimaklumi..

Created By Sora Templates