Friday, November 02, 2012

Makanan Haram dan Halal di Jepang

Di Jepang ini tidak semua makanan dapat dimakan oleh seorang muslim. Sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah agar kita tidak memakan makan yang haram, misal babi, daging yang tak disembelih dengan menyebut asma Allah, makanan atau minuman yang mengandung alkohol, dan lain lain.

Secara tegas Islam mengharamkan bangkai, darah, daging bagi dan binatang yang disembelih tanpa menggunakan syari’at, seperti firman Allah SWT dalam kitab suci Al Qur’an surat Al Baqarah 2:173.

 “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Atas dasar alasan tersebut, di bawah ini terdapat daftar makanan yang tak dapat dimakan karena mengandung bahan-bahan sebagai berikut :

List Produk Makanan Haram


Nah, yang ini List Produk Makanan Halal:









Untuk berbagai jenis daging, sapi, ayam, sosis, hati, dll, dapat dibeli di toko makanan halal. Selain daging halal, berbagai jenis makanan dari laut atau sungai seperti sea food bisa dimakan, misal ikan, udang, cumi, kepiting, dsb. 

Selain dilihat dari jenis bahan-bahan yang terkandung, ada beberapa jenis produk yang sudah dijamin kehalalannya oleh Islamic Association of Nagoya.

Antara lain :
  • Biskuit, keripik kentang Calbee (semua dapat dimakan kecuali yang mengandung bahan diatas), Doritos rasa cheese, Bourbon (choco chip cookie, dll), Meiji, Lotte (es krim, biscuit, coklat, permen) berbagai produk ini bisa dimakan kecuali yang mengandung bahan di atas.
  • Mi instan, udon, soba, ada beberapa yang tak mengandung shoyuu, sake, mirin, kaldu, daging/ayam/babi yang bisa dimakan. Untuk shoyuu, ada yang tidak mengandung alcohol seperti tokusen maru daizu shoyuu.
  • Yogurt, meiji, morinaga, ohayou yang tak mengandung gelatin halal dimakan.
  • Margarin, mentega (butter) yang berasal dari tumbuhan dapat dimakan.
  • Sushi, sashimi, termasuk makanan jepang yang halal.
Di atas tersebut hanya beberapa contoh aja yang disebutkan, sebenarnya masih banyak lagi jenis makanan yang dapat dimakan.
Untuk jenis Fast food tidak semua jenisnya halal, langkah terbaik adalah menanyakan langsung kepada pelayan ketika membelinya.

Sumber: http://ppijepang.org

4 comments:

  1. Istilah makan di jepang adalah Gohan

    Info tentang perumahan, makanan dan pakaian di jepang bisa disimak juga melalui link berikut >> http://lowonganmagangjepang.blogspot.co.id/2013/08/perumahan-makanan-dan-pakaian-di-jepang.html

    ReplyDelete
  2. Apakah calbee granola fruit juga halal kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm... coba kita cek dulu ingredientnya:
      Oat oats, rye flour, sugar, dried fruits (papaya, raisins, apples, strawberry), flour, coconut, maltodextrin, vegetable oil, rice flour, water soluble dietary fiber, corn flour, pumpkin seed, almond, salt, wheat bran, Brown rice flour / glycerin, modified starch, iron citrate Na, emulsifier, sorbitol, acidulant, antioxidant (vitamin E, rosemary extract), niacin, Ca pantothenate, casein Na (from milk), vitamin A, vitamin B 6, vitamin B 1, folic acid, vitamin D, vitamin B 12

      ok, menurut saya aman dan halal, karena ngga ada turunan dari babi dan alkohol..

      Delete
  3. Emulsifiernya dari nabati kah?
    Biasanya kalo di ingredients suka disebutkan dari lemak nabati. Kalo dari hewani kemungkinan besar ga halal

    ReplyDelete

Mohon Maaf, saya terpaksa membatasi komen di laman saya hanya untuk yang memiliki akun google, berhubung ada yang suka nge-spam di blog ini. Harap dimaklumi..

Created By Sora Templates