Friday, October 19, 2012

Wow, Foto Jepretanku dimuat di National Geographic!

Belum pernah sebelumnya terbayangkan kalau foto yang pernah kujepret bisa muncul di majalah National Geographic. Majalah yang diketahui sebagai majalah sains tingkat dunia ini tentu saja mempunyai standar yang tinggi terhadap dokumentasi foto yang akan ditampilkannya dalam majalahnya. Ternyata foto-foto yang kuambil dipertimbangkan majalah ini sebagai foto yang layak tampil. Alhamdulillah...

Kenapa bisa seperti itu??
Begini ceritanya..

Awalnya soal fotografi kupelajari secara otodidak. Kamera punya kantor mulai dari yang kamera digital biasa, semi DSLR hingga DSLR telah kucoba menguasainya. Selain itu kupelajari cara dan trik berfoto, baik yang bersumber dari internet maupun dari artikel terkait. Alhasil, kemampuanku meningkat cukup pesat. Dan takdir juga yang menentukan kalau aku diberi tanggung jawab untuk menggunakan kamera DSLR kantorku (merk Nikon). Tentu dengan leluasa aku menerapkan latihan-latihan dan meningkatkan kemampuan di bidang fotografi.

Hingga akhirnya datang kesempatan itu. Tim Folger, jurnalis dari National Geographic magazine datang ke Indonesia untuk meliput dan menulis artikel terkait tsunami di Indonesia. Artikel ini adalah salah satu bagian dan artikel besar mengenai tsunami di Asia Pasifik. Dan aku dipercaya untuk mendampingi dalam mengambil dokumentasi foto kegiatan. Pengambilan dokumentasi berlanjut di beberapa lokasi di Kota Padang dan di Padang Pariaman, Sumatera Barat. Pada intinya, Tim Folger mencoba mengumpulkan bahan tulisannya terkait pembangunan dan jalannya aktivitas kesiapsiagaan terhadap bencana gempa dan tsunami oleh sekolah dan masyarakat di dua kota/kabupaten tersebut.

Foto yang ditampilkan di NatGeo magazine adalah foto yang kuambil saat latihan evakuasi gempa dan tsunami di sebuah sekolah dasar di kota padang. Pengambilan kucoba sefokus mungkin dengan angle dan momen yang tepat. Jadilah saat itu aku berlari-lari kesana kemari karena event-nya berlangsung sangat cepat. Capek sih.. Tapi setelah melihat hasilnya aku cukup puas.



Dan setelah Tim Folger menyelesaikan artikelnya, NatGeo Magazine meminta untuk mengirimkan foto-foto yang berkualitas sesuai dengan liputannya. Dan Jreeng... di bulan Februari 2012, foto-foto itu tampil di majalah terkenal tersebut. Wuih.. itu kesempatan langka yang hanya sedikit orang di dunia yang bisa mendapatkannya. Bangga juga hehehe.. walau foto-foto itu diatasnamakan dari kantor, yang jelas kan aku pelakunya.

Agan-agan bisa melihat hasilnya di link : http://ngm.nationalgeographic.com/2012/02/tsunami/tsunami-drill-sidebar


Juga bisa download di sini...

0 Komentar:

Post a Comment

Mohon Maaf, saya terpaksa membatasi komen di laman saya hanya untuk yang memiliki akun google, berhubung ada yang suka nge-spam di blog ini. Harap dimaklumi..

Created By Sora Templates