Tuesday, October 16, 2012

Hijab, Solusi Masalah Berpakaian Bagi Wanita

Salah satu masalah zaman sekarang adalah soal pakaian wanita. Banyak kita lihat wanita yang berpakaian menampakkan aurat, bahkan setengah telanjang. Berpakaian ketat atau malah dengan berani menampilkan bentuk lekuk tubuhnya sehingga bisa mengundang syahwat bagi laki-laki normal yang melihatnya. Anehnya ada yang merasa ini sebagai suatu kebanggaan karena banyak yang memperhatikan. Mereka tidak sadar kalau sedang dinikmati dan menjadikan posisi mereka begitu rendah. Ada juga yang malu-malu, serba salah. Disini kelihatan bodohnya. Sudah jelas malu kenapa pakaiannya seperti itu?

Pernah ada suatu kejadian di kota kelahiran penulis. seorang perempuan yang katanya baru pulang merantau naik kendaraan umum tipe buskota. Dandanan dan pakaiannya begitu mencolok. Apalagi pakaiannya dengan jelas memperlihatkan lekuk-lekuk tubuhnya. Tapi yang bersangkutan tetap saja cuek dan ke-pede-an. Lalu salah seorang penumpang yang jengah, seorang bapak tua, mulai menasehatinya. Beliau meminta supaya si wanita bisa berpenampilan lebih sopan. Nasehat baik dari si Bapak ditanggapi dengan ketus. Emangnya gue pikirin! jawabannya membuat si Bapak jadi panas karena merasa tidak dihormati. Lalu si Bapak mengancam, kalau si wanita tidak bersikap dengan baik, dia akan menggigit (maaf) payudara si wanita. Si wanita tidak takut dengan ancaman tersebut dan mencoba menantang. Apa dikata, Si Bapak memang menjalankan ancamannya. Kontan insiden tersebut membuat kaget semua penumpang. Dan pada akhirnya si wanita dilarikan ke rumah sakit karena cidera di salah satu organnya. Sedangkan si bapak diamankan ke kantor polisi. 

Ini hanyalah satu contoh yang cukup ekstrim, bagaimana begitu terganggunya masyarakat akan perilaku wanita yang berpakaian tidak pada tempatnya.

Kepada wanita-wanita seperti itu harus dinasehati dengan cara yang bijaksana, halus dan menyenangkan. Tidak dengan emosi atau fanatisme yang berlebih-lebihan. Yang penting diselamatkan dulu batin, jiwa dan nafsunya, ditanamkan rasa iman kedalam jiwanya. Setelah kuat imannya, dia sendiri akan mencari perlindungan dari godaan setan.

Allah SWT, memerintahkan pria dan wanita untuk menahan pandangannya agar terhindar dari godaan dan rayuan daya tarik (idrak) yang jika dibiarkan akan meningkat menjadi hasrat dan keinginan. Dikuatirkan
ini bisa menjadi bahaya untuk melakukan sesuatu yang dilarang.

Wanita dikodratkan mempunyai aurat di sekujur tubuhnya kecuali muka dan telapak tangannya. Anda tahu kenapa setiap wanita yang mempertontonkan auratnya jadi kelihatan begitu menarik? Itu tak lain adalah hasil kerja setan. Mereka selalu mengintai jika ada wanita yang keluar rumah dengan kondisi yang memungkinkan untuk digunakan untuk menarik pandangan laki-laki. Wanita itu dihiasi dengan hiasan setan sehingga laki-laki manapun akan tertarik secara syahwat untuk memandangnya. Jadi wanita-wanita seperti itu jangan merasa bangga, bahwa sesungguhnya mereka telah menjadi bonekanya setan.

Tentu hal seperti itu bisa dihindari jika wanita mau memakai hijab.

Pemakaian hijab yang benar bisa menghindarkan wanita dari tatapan liar dari laki-laki yang bukan mahramnya. Wanita yang berhijab biasanya tidak akan mendapat gangguan dari laki-laki yang tidak benar.

Berikut beberapa saran bagi pengguna hijab:
- Gunakanlah hijab yang cukup untuk menutup bagian dada,
- Jangan gunakan hijab yang punya hiasan terlalu berlebihan
- Berpakaian yang longgar dengan bahan yang cukup tebal sehingga tidak memperlihatkan bentuk lekuk tubuh. Misal: hindari pakai baju gamis yang memperlihatkan bentuk tubuh. Jelas tidak ada manfaat anda memakainya.
 


- Hindari menggunakan hijab seperti punuk unta.





   atau malah seperti biarawati. Ingat, anda adalah muslimah.


- Hindari berjilbab tapi berpakaian ketat, baik baju ataupun celana. Maaf, itu bukanlah  berhijab!

Dan yang paling penting adalah jaga sikap! seorang yang berhijab tahu kalau konsekuensinya harus jaga perkataan dan perbuatannya. Hijab hati itu sama pentingnya dengan hijab berpakaian. Walau sudah berhijab, eh ternyata masih suka berpacaran keluyuran dengan yang bukan mahramnya. Nauzubillah min zalik!

4 comments:

Mohon Maaf, saya terpaksa membatasi komen di laman saya hanya untuk yang memiliki akun google, berhubung ada yang suka nge-spam di blog ini. Harap dimaklumi..

Created By Sora Templates