Wednesday, March 04, 2015

Museum Doraemon, Bermain dengan Kenangan Masa Kecil


Museum Doraemon didirikan sebagai bentuk dedikasi pada Fujiko F.Fujio, orang yang telah menciptakan icon terkenal Jepang, Doraemon. Museum ini dibangun sebagai tempat menyimpan naskah manga-nya Fujio sebelum meninggal tahun 1996. Selain Doraemon, Fujio juga membuat banyak manga terkenal lainnya seperti Kiteretsu Dai-hyakka, Esper Mami, Parman, Obake no Q-taro. Di museum ini bisa dilihat beberapa naskah tersebut baik asli maupun kopi.

Untuk datang ke museum ini, setelah turun di stasiun Noborito, kita bisa langsung naik shuttle bus. Jangan kuatir, gratis kok. Tersedia setiap 15 menit untuk antar jemput penumpang khusus pengunjung museum! Ciri khasnya bus bergambar karakter-karakter doraemon.
Shuttle Bus khusus untuk pengunjung museum
Museum ini sangat menyenangkan dan didesain dengan sangat kreatif. Kita bisa melihat semua hasil kerja Fujio di setiap sudutnya, sangat menarik untuk dilihat satu demi satu. Setelah membeli tiket, kita akan dibawa tour ke ruangan ekshibisi yang berisikan karya-karya Fujiko yang fenomenal. Tentu yang paling terkenal adalah Doraemon. Di etalase luar saja kita sudah disuguhi dengan berbagai produk doraemon.
Sayang sekali, di ruangan exhibisi pengunjung dilarang memotret... 
Museum ini juga memberikan gambaran bagaimana kehidupan Fujio. Diantaranya yang diperlihatkan adalah meja kerja yang digunakannya untuk membuat manga-nya.
Museum ini memang ditujukan bagi semua umur sehingga sangat cocok untuk dikunjungi oleh keluarga. Di sini ada bioskop kecil untuk menonton film pendek. Film doraemon ini ngga pernah diputar di tivi atau bioskop, edisi khusus yang hanya diputar disini. Cuma sayang, filmnya dalam bahasa Jepang, ngga ada subtitle ...
Antrian Mau Nonton Film Doraemon
Juga ada ruang besar dengan banyak display dan permainan ...
Gatcha-nya gedeee banget..

Tau khan, Telpon umum seandainya..

Ini bukan meja biasa, ini display layar sentuh interaktif memberikan kuis terkait doraemon

Ada juga ruang bermain khusus buat anak dibawah 5 tahun..
Di luar gedung  juga ada doraemon-nya. Bisa menyaksikan beberapa objek yang terkenal dalam serial Doraemon, misalnya gorong-gorong, pintu kemana saja dan Piisuke...
Pisukenya pake uap lho..

Gorong-gorong yang tiga ini sesuatu banget ya..

Ngantri foto-foto di depan doko demo doa (pintu kemana saja)

Di museum ini juga ada kafenya. Kalau kamu lapar, ada pilihan makanan dengan desain sesuai tema Fujio. Coba juga Latte-nya yang bergambar Doraemon.
Terakhir sebelum pulang, kita harus melewati ruangan penuh sesak pengunjung yaitu tempat beli oleh-oleh doraemon. Kami membeli boneka, gantungan kunci dan kukis doraemon. Harganya mahal dikit dibanding beli produk serupa diluaran, tapi yang penting orisinil-nya..
Museum ini memang membangkitkan kenangan masa kecil. Masih ingat kalau dulu setiap minggu pagi saya selalu menonton Doraemon. Jadi, berkeliling museum ini menjadi sangatlah menyenangkan, terlebih lagi museum ini sangatlah interaktif.

Akses ke sana: 
  • Website: http://fujiko-museum.com/english/
  • Alamat: 〒214-0023 Kanagawa-ken, Kawasaki-shi, Tama-ku, Nagao, 2 Chome−8−1
  • Ada Shuttle bus dari Stasiun Noborito (Odakyu Line atau JR Nanbu Line)
  • 16 minutes jalan kaki dari Stasiun Mukougaoka Yuen (Odakyu-Line)
  • 15 minutes jalan kaki dari Stasiun Shuku-Gawara (JR Nanbu Line)

Peta Museum Doraemon

3 comments:

  1. wahh ada museum doraemon ya di jepang, menarik sekali untuk di kunjungi, thanks infonya..

    ReplyDelete
  2. Pertama kali tau info ada Museum Doraemon dari majalah anak2 waktu jaman SMP. Alhamdulillah kesampaian waktu kuliah bsa exchange ke Jepang dan menyempatkan ke sana (berhubung saya ngefans bgt sama Doraemon). Sedikit tambahan buat info, kalo mau masuk ke museum ini beli tiketnya di lawson atau konbini sejenisnya, nggak bsa langsung beli di tempat. Kalo jalan kaki dr Stasiun Noborito +/- 20 mnt an karena jauh (pengalaman pribadi). Semoga bisa k sana lagi >_<

    ReplyDelete

Mohon Maaf, saya terpaksa membatasi komen di laman saya hanya untuk yang memiliki akun google, berhubung ada yang suka nge-spam di blog ini. Harap dimaklumi..

Created By Sora Templates