Wednesday, September 23, 2015

Mengirim Barang Dalam Jumlah Banyak dan Murah dari Jepang


Setelah sekian lama tinggal di Jepang, tidak terasa makin dekat saat-saat untuk meninggalkan negeri sakura ini. Sabishi ne..

Nah, problem selanjutnya adalah bagaimana mengurus barang-barang yang seabrek-abrek bertebaran di apato kami. Awalnya kami mencoba mencari pengiriman yang murah pokoknya. Mulailah pekerjaan membanding-bandingkan harga. Mulai dari jasa pengiriman international (yang kayaknya punya bule), cuma harganya selangit. Pengiriman sekilo barang aja bisa dihargai ribuan yen (setara dengan ratus ribuan rupiah..), apalagi kalo yang dikirimkan berkilo-kilo, bisa jebol nih kantong. Sedangkan kalo pengiriman dengan pos dengan nilai paling murah juga relatif lebih mahal, belum lagi nanti harus ada pengurusan melalui cukai di Jakarta. Repot dah ! Silakan cek di link ini.

Melalui saran teman yang sudah mencoba pengiriman barang dalam jumlah banyak dari Jepang, dan juga mencari informasi dari internet, kami berkenalan dengan sebuah jasa pengiriman dengan sistem kargo dengan harga yang relatif murah dan lama pengiriman moderate (sekitar 1 bulan). Dari berbagai informasi, pengirimannya dilakukan dari pelabuhan Yokohama sampai Tanjung Periok, setelah itu melewati pemeriksaan cukai, barulah dikirimkan ke tujuan masing-masing. Nama Jasa tersebut lebih akrab dikenal dengan Jasa Pengiriman Ruswan di bawah bendera perusahaan Kamigumi Co Ltd. Beliau, Bapak Lemana Ruswan, sudah lama malang melintang dalam jasa pengiriman sejak era 80-an. 

Untuk menghubungi beliau bisa melalui telepon 021-8591-6880 atau HP. 0856-725-0065 atau email ruswan@cbn.net.id

Nah, karena sistem pengiriman adalah sistem kargo atau kontainer, maka disini diterapkan sistem anggota dan penitip. Anggota maksudnya orang yang bertanggung jawab atas barang yang dikirimkannya termasuk barang dari para penitip, yaitu orang yang menitipkan barangnya pada anggota tapi namanya tidak diatasnamakan atas barang-barang miliknya sendiri. Untuk itu, Pak Ruswan mengirimkan email dengan 3 lampiran penting mengenai aturan, cara dan langkah yang harus dilakukan oleh setiap anggota dan penitip pengiriman barang.

Oya, pengiriman ini, yang kayaknya khusus pelajar ini, sepertinya hanya dilakukan 2 kali setahun, terkait dengan periode kepulangan pelajar Indonesia se Jepang. 

Karena semua penjabarannya Pak Ruswan sudah sangat lengkap sekali di dalam setiap lampirannya, maka saya tidak perlu mengulas panjang lebar lagi dalam cerita indah ini..^_^.   

Singkat cerita, kami tidak jadi ditunjuk Pak Ruswan menjadi anggota. Alhamdulillah, kami bersyukur dengan status sebagai penitip saja, jadi kalau selama waktu sebelum pulang tidak terlalu pusing meng-arrange dokumen dari penitip dan nanti di Indonesia tidak perlu lagi cepat-cepat mengurus pengiriman passport asli ke Pak Ruswan. Sudah cukuplah dipusingkan sama persiapan sebelum pulang. Nah sebagai penitip, kami harus menyesuaikan nomor kardus dengan urutan yang ditetapkan dari anggota. Dan tak lupa, juga harus mengurs beberapa dokumen yang dipersiapkan untuk kelengkapan.


Packing

Ini, adalah bagian paling repot. Kami baru menyadari kalau sebaiknya selama di Jepang jangan banyak-banyak beli baju..hihihi. Jadi baju adalah barang dengan jumlah terbanyak dalam daftar barang kami. Baru disusul buku dan lain-lain. Pak Ruswan sendiri juga sudah memberi aturan bahwa semua barang harus terdata di dalam dua daftar barang yaitu daftar F-I dan F-II. F-I adalah kelompok barang per kardus dan termasuk bekas atau baru. Sedangkan Daftar F-II berupa informasi barang per kardus, jumlah dan beratnya. 

Untuk itu semua barang sudah harus ditetapkan daftarnya minimal 1 bulan sebelum pengiriman. Maka kami mensimulasikan barang-barang yang akan dikirim sudah komplit masuk kardus semua. Padahal, masih harus menggunakan banyak item dari yang mau dikirim itu lagi, yaa... terpaksa deh. 

Untuk kardus, saya rekomendasikan beli online di Japan luggage Express (link-nya disini). Kualitas dan ukuran kardusnya sudah untuk pengiriman internasional. Kalo dari Amazon, masih agak tipis. Atau di Maruetsu, saya kira sama dengan Amazon, selain itu juga ribet nge-bawanya. Sedangkan untuk kelengkapan kardus lainnya bisa beli di Maruetsu Store, yang kayaknya sudah lengkap, seperti terpal, kertas pembungkus, tali rafia dan plester kardus. 

Untuk pelapis dalam, kami menggunakan kantong plastik paling besar (mungkin biasa digunakan untuk gomi), tapi yang paling tebal dan panjangnya 70 cm. Mungkin umum dijual di daiso atau 100 yen store. Jadi barang-barang dimasukkan ke dalam plastik yang sudah disiapkan didalam kardus agar lebih kedap air. 

Dan akhirnya kami berhasil mengisi hingga kardus ke sepuluh. 


Biaya

Untuk biaya, penghitungannya adalah per kubik barang. Jadi misalnya satu kubik dihargai 25.000 yen, maka jika barangnya 1,5 kubik, berarti tinggal dikali, tau ndiri khan.. Kalo kurang dari 1 kubik pun tak apa-apa, cuma nantinya agak rugi untuk ongkir dari jakarta ke tujuan daerah, misalnya sumatera. Soalnya dari gudang Jakarta, nilai ongkir akan dihitung per 2 kubik barang. Kalo barang cuma 0,7 kubik misalnya, lumayan banyak ruginya deh. Biaya belum termasuk pengiriman dari tempat tinggal di Jepang ke Yokohama port ya..


Pengiriman

Singkat Cerita, tibalah hari pengiriman. Pengiriman awal adalah dari apato ke Yokohama port. Untuk ini kami menggunakan jasa pengiriman perorangan, orang jepang yang bisa bahasa Inggris, secara kami rajinnya lebih ke bahasa Inggris daripada bahasa Jepang. Namanya Aida San. Beliau bisa dihubungi disini:
Biaya pengiriman 14.000 yen untuk seluruh barang. 

Sebenarnya kita bisa juga menggunakan jasa lain seperti kuro neko, dkk, cuma ya itu, kayaknya lebih sreg sama yang chemistry bahasanya kurang lebih sama. 

Dan pagi itu, beliau datangnya 1 jam lebih cepat dari jadwal. Agak kocar-kacir, soalnya ngebungkus pake terpal dan tali rafia masih belum selesai. Thanks to Aida San, beliau mau membantu meringankan beban kami..dengan mengikatkan tali rafia. Arigatou Aida San. Setelah semua beres, Aida San diserahi alamat tujuan dan biayanya. Alhamdulillah, sudah lumayan ringan bebannya kami, tinggal menunggu sampainya barang-barang itu di Indonesia.





















71 comments:

  1. Sekedar informasi bagi yang ingin memiliki usaha sampingan silahkan kunjungi
    PT Ncs Jasa Pengiriman Barang Dan Dokumen Untuk Online Shop makasih

    ReplyDelete
  2. Salam.,kita berencana mau kirim velg dan ban secon dri jepang., kita butuh informasi lebih lanjut.,kemanw harus saya hubgi.,.? Atau contac person saya ke 085374148449

    ReplyDelete
  3. kalau kirim mainan / action figure dlm jumlah banyak apakah kena bea cukai ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengiriman produk baru dari jepang tidak akan kena cukai jika dibawah batas jumlah pengiriman. Jika sudah banyak tentu akan kena cukai. Apalagi action figure yang notabene barang mahal.

      Delete
  4. wahh harus teliti sekali ya dalam packing barangnya agar gak ada yang ketinggalan..

    ReplyDelete
  5. Bener gan, makanya sebelum pengiriman kita harus buat list barang dulu yang dikirimkan 3 bulan sebelum pulang.

    ReplyDelete
  6. gan ane ceritanya mau beli komik nih dari jepang, ane udah kepengen banget ama tuh komik, ane udah cari-cari di toko buku online harganya buat 6 komik bisa tembus 1,5juta-2juta gan, kira-kira agan ada solusi ga gan buat ane yang melara ini wkwkwk, makasih gan sebelumnya

    ReplyDelete
  7. Oke gan, ane mo coba bantuin ya. Cerita sedikit tentang komik di jepang. Rata-rata komik baru di jepang berharga sangat mahal sekitar .. yen. Sangat berbeda kalau komik itu sudah bekas. Biasanya orang jepang suka naro aja di gomi (tempat sampah) atau dijual ke loakan. Tapi walaupun bekas, kualitasnya hampir sama dengan yang baru lho. Nah, untuk yang loakan ini, tempat jual yang paling terkenal itu namanya book off. Toko buku bekas ini menjual manga dengan harga termurah 100 yen per manga. Perlu diingat kalo tulisannya full japanese. Satu toko book off dengan yang lainnya seringkali mempunyai koleksi yang berbeda. Jadi perlu rajin hunting ke berbagai toko untuk mencari koleksi yang diinginkan. kalo 6 komik harganya cuma 600 yen diluar pajak atau 65 ribuan. Nah, kalo ada teman di Jepang, mending minta cariin aja ke sana. Ntar bisa dikirim lewat pos. Sekilo kalo kirim pos di jepang mungkin sekitar 150-200 ribuan. Nah segitu solusi dari ane.. semoga membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lupa memasukkan harganya, kisaran harga rata-rata manga adalah 600 yen.

      Delete
  8. Kalo kirim elektronik dari jepang uda pasti kena bea cukai ga ya? Maaf saya awam..mohon infonyaa

    ReplyDelete
  9. Kalo kirim elektronik dari jepang uda pasti kena bea cukai ga ya? Maaf saya awam..mohon infonyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kirim elektronik dari jepang, kena cukai atau tidaknya tergantung pada jenis barang yang dikirim. Sebagai catatan, Jepang sangat strict dalam hal cukai. Kalau barang baru yang jenisnya mahal apalagi besar sudah tentu kena cukai, sedangkan kalo barang bekas yang cenderung berukuran kecil biasanya tidak akan kena. Kalo jumlahnya banyak dengan item yang sama akan kena cukai. Cara paling aman tidak kena cukai: beli barang untuk pemakaian sendiri, jumlahnya tidak banyak, jangan sampai masih ada tag pricenya, dan paling aman jika bisa dibawa dengan koper.

      Delete
  10. gan, bisa minta emailnya bapak ruswan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagaimana sudah saya update di tulisan di atas: ruswan@cbn.net.id
      Tapi saya sarankan untuk menghubunginya saat musim2 pindahan misal antara feb-maret atau sep-okt biar bisa segera direspon. Atau lebih baik lewat hp/telpon

      Delete
  11. Kirim mesin adakah yang tau

    ReplyDelete
  12. Mohon pencerahannya, saya ingin kirim camera dslr dengan jumlah 5 unit dN lensa 5 unit dari jepang ke indo, kira2 bakal kena cukai gak? Dan jika iyaa bisanya bakal keena brapa biyaya cukainya? Dan pake paket pengiriman apa biar lebih murah, terimakasih atas tanggapannyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai dengan ketetapan dari bea cukai indonesia, setiap barang masuk dengan nilai lebih besar dari 50 USD, maka akan dikenakan cukai. Maka penghitungannya biayanya dg contoh sbb:
      harga = USD 223, ongkir = USD 48
      CIF (harga, asuransi, ongkir) = 271
      jenis barang = tas (tarif bea masuk dlm BTBMI = 0%)
      – Bea masuk = ( 271 – 50) x 0% = 0
      – PPN = ((271-50) + 0) x 10% = 22,1 dolar
      – PPh = ((271-50) + 0) x 7,5% = 16.575 dolar
      total tagihan = 22,1 + 16.575 = 38.675 dolar x 13.000 = Rp. 502.600,- (pembulatan)
      NDPBM (kurs 1 usd = 13.000)

      Sedangkan aturan/tarif bea dari bea cukai jepang, silakan cek pada link ini: http://www.customs.go.jp/english/

      semoga membantu.

      Delete
  13. Gan,ane beli celana nih dari jepang,mau dikirim ke indo tujuan nya ke bandung,nah kira kira biaya nya berapa ya kalo dalam rupiah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, baru dibalas, kelamaan libur hehehe..
      kalo ngirim jumlah sedikit mending pake japan post aja.. penjelasannya di link ini: http://www.post.japanpost.jp/cgi-charge/index.php?lang=_en

      Delete
  14. mo tanya.. aku ad beli brg di jepang nitip temen brt ny ga nyampe 500gr dn hrgny pun g nympe 100rb.. bs minta tlg diarahin cr kirim dr jpg ke indo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo bs yg tarifny g mahal

      Delete
    2. Hi,
      Kalo mau kirim barang dengan berat kurang dari 1 kg, bagusnya lewat pos aja. Pake yang harga paling ekonomis biasanya 3 minggu nyampe. Cuma biasanya ongkos kirim rada agak agak mahal, misalnya kalo pengiriman dari tokyo, pake yg economy mail, biaya untuk paket 500 gr ongkosnya 480 yen, sekitar 50rb rupiah.
      Kalo benar-benar mau irit, bagusnya nitip teman aja. Catatan, jangan sampe barangnya ilegal..

      Delete
  15. Kalau beliepeda bekas dari jepang bagaimana catanya hub 08990471817

    ReplyDelete
  16. Kalau beliepeda bekas dari jepang bagaimana catanya hub 08990471817

    ReplyDelete
  17. Gan, klau mau krim brang dr jepang skitar 3kg itu ongkir nya brpa rupiah ya? Soalnya kmrn pkek pos sebulan 600rb an 5kg. Kira2 ada yg lbh murah dan pling min sebulan gpp lah itu apa y jasa krim nya.. Mhon bls terima kasih

    ReplyDelete
  18. Gan, klau mau krim brang dr jepang skitar 3kg itu ongkir nya brpa rupiah ya? Soalnya kmrn pkek pos sebulan 600rb an 5kg. Kira2 ada yg lbh murah dan pling min sebulan gpp lah itu apa y jasa krim nya.. Mhon bls terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, setahu saya kalau pengiriman paket dari Jepang paling cepat dan standar harganya memang biasanya pake EMS via pos (yuubin), ratenya sekitar 1600 yen sekilo 1-2 minggu nyampe. Yang dibawah itu mungkin lebih murah, pake paket biasa cuma nyampe 1,5-2 bulan. Dari jasa yang lain biasanya pake cara kargo, emang lebih murah, cuma harus banyak (kubik-an) dan ada waktu tertentu dan pake sistem kloter, misalnya nice express jepang-indonesia cargo, atau Ruslan. nyampe sekitar 1 bulan lah. Kayaknya sudah jadi ketentuan dari pemerintahnya untuk membatasi untuk menghindari penyeludupan..

      Delete
    2. Ikut nambahin ya gan, kebetulan ane kan usaha jastip produk dari Jepang. Nah mau share dari pengalaman ane nih kirim barang dari tempat ane di Shizuoka-Jepang ke Indonesia pake japan post.
      Ada 4 layanan:
      1. EMS (Pos) kena 4300 yen untuk 3 kg estimasi sampe 5 hari
      2. Air mail, kena 5100 yen untuk 3 kg estimasi sampe 8 hari
      3. SAL, kena 3600 yen untuk 3 kg estimasi sampe 2-3 minggu
      4. Surface (via laut), kena 2500 yen untuk 3 kg estimasi sampe 3 bulan

      1 yen = Rp 122, kali aja ya gan.
      Untuk rate harga dengan berat lainnya bisa dibuka di websitenya aja post.japanpost.jp

      Ane biasanya pake EMS karena bisa di tracking dan ada asuransinya gan

      Delete
  19. Saya ingin bertanya, saya berencana mencari sepeda bekasan jepang yang dibawa dalam 1 kargo, apakah anda tahu lokasinya

    Atau apabila saya ingin membelu sepeda dari jepang, ada kah hang rekomen agar tidak kena cukai di indonesia

    ReplyDelete
  20. Hi, kalau mau kirim sepeda dari jepang dalam kargo, bisa dipastikan semua komponen sepedanya bakalan harus dicopotin dulu satu-satu. Atau sepeda yg dibeli itu jenisnya sepeda lipat. Kalo mo beli sepeda bekas, mungkin bisa cek disini : http://www.sjc.ne.jp/suginami/14dokuji/risaikuru/risaikuru.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. ka, kalo sepedanya ga bisa dilipat, model sepada keranjang Jepang ga bisa ya?

      saya rencana September balik ke Indonesia dari Hiroshima, kebetulan banyak sekali barang2 kecil mainan anak saya, apakah hrs dirinci jg? atau 1 kotak kardus boleh ditulis mainan saja


      terima kasih

      Delete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  22. Hai kalau mau kirim baju bekas agak banyak sekitar 10 box itu biaya percubic berapa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, seperti yang saya jelaskan di topik, satu kubik kalo sama pak Ruslan sekitar 25.000 yen, waktu itu tahun 2015. Mungkin harganyanya tidak akan terlalu berubah pada tahun ini karena harga di jepang sangatlah stabil.

      Delete
  23. bang kalo misal ngirim komputer dari jepang gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, kalo mau kirim komputer sebaiknya bekas. Kalaupun beli baru, labelnya dicopotin aja. pengiriman bisa lewat pos kok, cuma unitnya paling cuma bisa satu, karena kemungkinan akan disita kalo banyak. Jepang memang paling ketat kalo menyangkut masalah penyeludupan..

      Delete
  24. Maaf mau tanya kirim bonsai dr jepang bisa gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, bonsai termasuk nutfah/ makhluk hidup, maka untuk kirim bonsai perlu pengiriman secara khusus seperti yg berlaku di negara manapun pada umumnya.

      Delete
  25. saya berniat untuk usaha jastip(jasa titip) bagusnya pake jasa pengiriman apa ya yg murah dari jepang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, kalo pake jasa titip yang murah dari jepang tergantung dengan jumlah kiriman. Seperti yg sudah saya singgung di artikel, pilihannya bisa murah, tapi nyampe lama atau lebih cepat bayarnya lebih mahal. Bisa lebih murah kalo pengiriman dalam jumlah besar. Maka jangan terlalu berharap dapat ongkir sangat murah karena semua sudah terstandarisasi di Jepang. Kalo jasa pengiriman paling murah saat ini tetap pake jasa dari Pak Ruswan dg sistem kargo.

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Gan saya mau tanya sedikit. Kalo saya mau beli barang bekas elektronik dijepang sekitar 4-6 item. Apakah bisa menggunakan jasa pak ruswan ?? Barangnya nanti saya kumpulin dulu. Pas waktu tepat baru kirim bisa ndak ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, maaf telat balas.. Sepengetahuan saya, pengiriman barang elektronik khususnya yg baru jika lebih dari jumlah yg ditentukan (mungkin lebih dari 2-3) akan kena cukai, atau harganya lebih dari nilai yang sudah ditentukan, akan kena cukai. Jasa Ruswan hanyalah melayani pengiriman dalam jumlah banyak dan biasanya bukan barang2 baru, karena terkait dengan dokumen yang disediakan pak ruswan. Pengiriman biasa menggunakan cara titip menitip, yaitu ada orang yg menjadi penanggungjawab dan ada yg menitipkan barang. Silakan menghubungi beliau, minimal 3 bulan sebelum pengiriman.. Oya, barang elektronik sebaiknya jangan baru atau labelnya sudah dicopot..

      Delete
  28. Gan, kalo kirim jaket2 bekas dari jepang dalam jumlah besar, minimal 100kg dalam 1 bal apakah bisa masuk ke indonesia? Kalo bisa, apakah dikenakan bea cukai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya..., silakan cek syarat2 cukai untuk barang2 import di webnya beacukai indonesia..

      Delete
  29. maaf gan mau tanya saya berencana kirim barang dari jepang ke indonesia kebetulan sekarang saya sedang tinggal di jepang juga,barangnya berupa baju dan tas baru full tag paling cuman 18 pcs, dan sepatu 5pcs apakah itu kena bea dan cukai? atau ada info cara agar kirim barangnya lewat mana? terimaksih

    ReplyDelete
  30. dan setau saya juga kalau kirim lewat yuubin akan di tanya harga barang ,apakah itu harga barang per pcs atau harga barang keseluruhan,dan apakah menyebutkan harga barang harus harga sebenarnya"

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ini bagusnya pake trik, silakan dipake atau ngga... copot aja semua price tag & merk.. kirim aja lewat pos biasa/EMS, dg catatan itu adalah baju bekas.. kemungkinan ngga kena cukai.. biar lebih nyamar sertain juga pakaian bekas lainnya.. tapi saran saya jangan kebanyakan ngirimnya hehehe

      Delete
  31. Ini saya juga mau tanya kalo jastip.. mau kirim barang daiso bermacam2. Kalo pake ems yg 10kg lewat udara, pernah denger ada yg kena cukai di indo ga ya? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, saya pernah kirim pake ems sekitar 15 kg tapi ngga kena cukai.. karena belum mencapai berat maksimum.. saran saya kalo ngirim barang daiso, copotin dulu merek nya biar ngga disangka barang baru..

      Delete
  32. Malam kak saya mao nanya.. kalau saya mao kirim barang berupa kosmetik dan obat2an di jepang untuk dijual lagi pakai jasa kirim apa ya kak sebaiknya? Sama kena bea cukai ga ya kak? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengiriman bisa pakai jasa yubin atau pos.. silakan lihat persyaratan bea cukai di web resmi bea cukai indonesia

      Delete
  33. Maaf kak , kalau saya mau usaha jual kamera bekas Jepang ke Indonesia pengiriman lewat yubin 1-2 buah per pengiriman apakah kena cukai ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. syarat pengiriman kena cukai bisa dilihat di web resmi bea cukai..

      Delete
  34. mau Tanya "banyak" nih Kak,, 😁*semoga dijawab*
    1. Misal saya kerja magang di Jepang selama ±2 thn dan bisakah saya pakai jasa ini untuk kirim barang2 saya pulang ke Indo?
    2. Kalo bisa,, misal barang yg saya kirim itu dibeli (baru) di Jepang dan sudah saya pakai 'lama' di sana (kaya : Laptop, Kamera,dll) yg harganya cukup mahal (misal : 30jt++) bakal kena bea cukai gak ya??
    3. itu yg dimaksud 1 kubik = 1m³(meter kubik) bukan??
    4. emang ini packingnya harus pake kardus ya gan??
    5. misal saya mau kirim barang yg kecil tapi berat kaya besi gitu (contoh: dumbell/barbell) bisa ga ya?? kalo bisa kan ga mungkin packingnya pake kardus, pake kayu boleh ga gan??
    6. Misal gan, barang pribadi yg saya beli (baru/new) di Jepang kena bea cukai,, bisa ga ya diakalin atau kasih tip/triknya biar ga kena bea masuk? 😁

    Terima kasih udah mau jawab.. 🙏😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, baiklah saya coba jawab:
      1. jasa pengiriman ini biasanya sudah dijadwalkan 2 kali setahun, coba aja cek jadwalnya, jangan sampai kelewatan karena pake sistem kargo, jadi pendaftaran 3 bulan sebelum pengiriman.
      2. barang mahal udah dipakai lama atau dipakai sendiri, bagusnya dibawa pake koper aja ke pesawat, lebih aman dan bebas cukai.
      3. 1 kubik = 1 x 1 x 1 meter
      4. pastinya, beli aja kardus khusus paket di supermarket, jangan yg bekas makanan soalnya ini ada aturan jepang, lapisi dengan terpal khusus paket.
      5. bisa aja, amankan dulu pake kayu baru dimasukkan dalam kardus.
      6. biar ngga kena bea ya, cabutin semua label sehingga kelihatn bekas pakai, jangan lebih dari 2 unit, masukin koper dan persiapkan alasan kalo ntar ditanya di imigrasi..

      semoga membantu..

      Delete
  35. Om Ed, salam kenal, saya berencana mau beli velg mobil untuk hadiah ultah diri sendiri nih, karna saya cek di website harganya sekitar 65000 yen, atau 9 juta kurang ya.
    langkah apa yg diperlukan om Ed supaya bisa sampai ke jakarta (via laut yang murah). apakah harus cari forwarder dsini? dari pihak saya harus siapin apa aja?

    Thanks before om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, maaf lama ngga online... mohon maaf mengenai jual beli oversea di jepang, saya belum punya pengalaman, dan rata-rata orang yg saya kenal yg dulu pernah ke jepang juga ngga ada yg melakukannya. Mungkin karena nilainya menjadi berlipat ganda kali ya, jadi mending beli yg available aja di negeri sendiri..

      Delete
  36. Ayo siapa yg butuh komik di jepang bisa wa saya soale posisi saya di jepang bisa wa ke nomer 6282242562653

    ReplyDelete
  37. om boleh tanya?

    punya pengalaman kirim sepeda listrik ga?
    sepeda sehari2 saya kuliah sih saya googling2 ga ada yg bahas tentang itu

    maksud bisa itu tidak kena cukai karena di anggap mesin
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, mengenai pengiriman sepeda listrik belum pernah ngelakuin. tapi tetangga saya di jepang dulu pernah ngirim sepeda, masih baru tapi di copotin semua labelnya, dan dipreteli sehingga semua komponen terpisah. biasanya ada batasan jumlah, berat dan harga untuk pengiriman semacam ini..

      Delete
    2. Hi, mengenai pengiriman sepeda listrik belum pernah ngelakuin. tapi tetangga saya di jepang dulu pernah ngirim sepeda, masih baru tapi di copotin semua labelnya, dan dipreteli sehingga semua komponen terpisah. biasanya ada batasan jumlah, berat dan harga untuk pengiriman semacam ini..

      Delete
  38. Salam kenal kak..
    Saya ingin bertanya:
    1. Saya punya 2 laptop, kalo pada waktu saya mau pulang ke Indonesia, 1 laptop saya tarus di koper Dan 1 lagi saya masukin ke tas ransel apakah sudah Aman dari cukai?
    2. Saya punya mini pc apakah itu hitungannya sama dengan laptop bila saya masukin ke koper?
    3. Kalo console ps4 atau Xbox 1 bisa tidak bila saya taruh berbarengan dengan laptop di koper, apakah bakal kena cukai juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, banyak juga barang elektroniknya.. sepertinya sih dua laptop asal itu bekas ngga masalah, asal ada alasan yg jelas mengenai statusnya, misal yg satu punya saya yg lain istri saya yg punya.
      nah, kalo ada lagi mini pc, nambah lagi itemnya.. saya saranin lewat pos saja. apalagi ada ps4.. kayaknya positif kena cukai deh..hehehe

      Delete
  39. Mohon maaf karna saya masih awam mengenai proses pengiriman barang, mohon bantuannya kakak..

    ReplyDelete
  40. Mohon pencerahannya klo misal saya beli 3 atau 5 gitar kira2 kena biaya cukai atau nggak ya trus itu barang misal dah nyampe indo kmn kita harus ambil... Dan misal kena cukai berapa hitung2annya.... Maaf saya masih awam... Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada batasan mengenai barang kena cukai, silakan cek di webnya bea cukai indonesia. kalau tidak salah tergantung kepada jumlah dan harga barang..

      Delete
  41. Permisi gan. Mau tanya itu biaya yg 25.000¥/Kubik. Apakah ada batas maksimum berat barang ny brpa kg atau tidak ad btas maksimum.

    Untuk kontak no telp di jepang ny gan, onegaishimasu.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  42. Gan mau tanya,
    Kalau mau kirim barang pribadi (used) ke indonesia seperti dan barang elektronik kena cukai juga jika melalui pak ruswan ?

    ReplyDelete
  43. Gan mau tanya pengiriman pakek Post EMS caranya gimana ya, Mau kirim part motor.

    ReplyDelete
  44. ada kontak pengiriman dari apato ke Gudang di Yokohama.. saya kebetulan susah mencari jasa pengirimannya

    ReplyDelete

Mohon Maaf, saya terpaksa membatasi komen di laman saya hanya untuk yang memiliki akun google, berhubung ada yang suka nge-spam di blog ini. Harap dimaklumi..

Created By Sora Templates