Thursday, February 07, 2013

Natto-Jepang Makanan Kesehatan yang Membersihkan Air

Natto-Jepang Makanan Kesehatan yang Membersihkan Air - Semoga Artikel ini memberi manfaat.
Fermentasi adalah metode pengolahan makanan dengan menggunakan ragi dan bakteri untuk mengkonversi salah satu makanan menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda. Proses membantu mengawetkan makanan dan digunakan untuk memproduksi berbagai jenis makanan di seluruh dunia.  Fermentasi makanan yang paling terkenal adalah roti, keju, acar, anggur, yoghurt dan cuka. Tapi tidak ada negara di dunia yang memiliki banyak jenis makanan fermentasi seperti Jepang. Kecap dan miso dibuat dari kedelai, sake Jepang yang terbuat dari beras, tsukemono (acar) yang terbuat dari fermentasi sayuran. Ini hanya beberapa contoh makanan fermentasi yang disajikan.
Dibuat dari kedelai yang dimasak dan difermentasi, natto adalah makanan fermentasi Jepang seperti halnya sebagai kecap atau miso. Natto mungkin terlihat aneh dan memiliki bau aneh, tapi itu sangat sehat untuk Anda. Dan makanan ini menjadi semakin populer di akhir tahun. Natto dikenal dengan lengketnya. Ini adalah akibat asam polyglutamic yang dihasilkan ketika kedelai difermentasi, yang membuat natto begitu lengket. Asam Polyglutamic adalah polipeptida yang mengandung sejumlah besar molekul asam glutamat. Glutamat memberikan cita rasa umami (rasa gurih biasanya terkait dengan makanan seperti sup kaldu yang dibuat dari rumput laut, jamur shiitake, kerang, dan bahan-bahan lainnya) sehingga membuatnya begitu lezat.Asam Polyglutamic juga membantu tubuh menyerap kalsium. Natto sangat sehat karena banyak mengandung vitamin B dan E, serat, dan zat besi.

Natto Mampu Membersihkan Air Kotor

Baru-baru ini ditemukan kemampuan natto lainnya yang sama sekali tidak berhubungan dengan makanan. Asam Polyglutamic yang dikandungnya mampu mengendapkan polutan dalam air, sehingga air kotor menjadi bersih. Bahkan, agen asam polyglutamic ini mampu membersihkan air kotor lebih cepat dari agen yang terbuat dari bahan kimia seperti klorida polyaluminum atau ferricklorida, dan mereka menawarkan sejumlah keuntungan lain. Tidak seperti produk kimia, hanya sedikit jumlah agen yang mengandung asam polyglutamic diperlukan untuk membersihkan air, sehingga sangat mudah dan murah untuk digunakan. Selain itu, agen ini menjelaskan terbuat dari bahan-bahan alami, dan ramah lingkungan serta terjangkau. Polyglutamic bisa digunakan saat ini untuk membersihkan air kotor untuk air kebutuhan lingkungan pabrik, rumah dan apartemen.

Bagaimana Asam polyglutamic mengendapkan kotoran dan polutan untuk membuat air bersih. (1)Polutan (titik oranye) dalam air yang tidak diobati (2) obligasi ke polyglutamates(benang putih) dan (3) mengendap di bagian bawah. (Ilustrasi: Nippon Poli-Glu Co,Ltd).

Agen ini telah diekspor Jepang ke lebih dari 30 negara di seluruh dunia, termasuk Thailand dan Meksiko. Mereka juga telah digunakan untuk menghasilkan air bersih bagi masyarakat yang tinggal di daerah bencana, seperti setelah terakhir Great East Japan Earthquake. Penemuan terbaru yang berkaitan dengan asam polyglutamic adalah kapasitasnya yang luar biasa untuk penyerapan. Penelitian menunjukkan bahwa satu gram resin natto, yang utama konstituen adalah asam polyglutamic, mampu menyerap dan mengendapkan lima liter air. Penelitian telah menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk menumbuhkan tanaman di daerah gersang dengan menanam bibit sebagai bahan resin natto dan penyiraman hanya sekali. Penelitian ini sedang dilakukan dalam aplikasi praktis untuk daerah penghijauan daerah dengan curah hujan sedikit. 

Para peneliti telah menemukan bahwa asam polyglutamic tidak hanya mampu membersihkan air, tetapi juga memiliki kemampuan untuk menyerap sejumlah besar air. Natto resin (zat putih di depan gelas), yang utama adalah asam polyglutamic konstituen, menyerap air,mengubahnya menjadi zat seperti gel yang ditunjukkan dalam gelas. (Foto: Dr ToshioHara, Kyushu University).

(Penulis).







2 comments:

  1. Artikel yg luar biasa...terima kasih...seandainya saya bisa mendapatkan informasi yg lebih lengkap saya mengucapkan banyak terima kasih

    ReplyDelete

Mohon Maaf, saya terpaksa membatasi komen di laman saya hanya untuk yang memiliki akun google, berhubung ada yang suka nge-spam di blog ini. Harap dimaklumi..

Created By Sora Templates