Sunday, October 01, 2017

Persiapan Khusus Menghadapi Berbagai Bencana Populer Indonesia : Tsunami


Bencana yang dimiliki Indonesia itu berdasarkan Undang-Undang No.24 tentang Penanggulangan Bencana itu ada dua belas macam bencana. Kita tidak akan bahas semua untuk topik ini, cukup yang populer saja yaitu, gempa, tsunami, banjir, gunung berapi, kebakaran hutan dan lahan, puting beliung, tanah longsor dan kekeringan. Sebagaimana yang pernah saya bahas sebelumnya di artikel: 
dimana setiap bencana akan memiliki persiapan yang berbeda pula. Baiklah kita akan bahas satu-satu. Tapi sebelumnya silakan tonton dulu video yang sudah saya persiapkan bagi kita semua yang diproduksi tahun 2016 lewat.


Bencana Tsunami
Karena ini adalah bencana yang mengharuskan kita yang berada di daerah rawan dekat pantai untuk mengungsi, maka persiapannya akan lebih banyak.

a. Persiapan pribadi, bagi yang masih single  

1. Tas siaga bencana dengan semua kelengkapan untuk kebutuhan pribadi. Ada sedikit tambahan kelengkapan yaitu: 

  • ponsel/tablet karena pentingnya informasi secara online atau medsos untuk memantau perkembangan
  • powerbank berkapasitas besar (usahakan yang slim, mahal dikit ngga apa-apa), 
  • sepeda, karena lebih cepat daripada jalan kaki dan lebih ringan daripada motor. usahakan yang bannya tubeless.
  • sepatu kets/casual
2. Tempat evakuasi terdekat dan jalur evakuasi tercepat. Buatlah perkiraan berapa jarak yang ditempuh, dan kemungkinan halangan dan bahaya yang mungkin ada jika harus mengungsi.


b. Persiapan Keluarga, bagi keluarga dalam satu rumah

1. Tas siaga bencana, khusus dengan kelengkapan dan kebutuhan masing-masing. Jumlah tas disesuaikan dengan kebutuhan/bawaan masing-masing. Perhatikan bagi anggota yang berkebutuhan khusus: bayi, orang tua, orang sakit, ibu hamil dan cacat. Bagi yang mempunyai peliharaan, perlu dipersiapkan kebutuhan hewan tersebut.

2. Buatlah perencanaan keluarga jika bencana tsunami akan datang. Misalnya Jika bapak bekerja, ibu ke pasar, anak ke sekolah, nenek di rumah. Jika bencana tsunami akan terjadi, kemana sebaiknya masing-masing anggota keluarga harus pergi. Buatlah dalam bentuk tabel. Contoh tabel sudah saya bahas pada artikel: 
leaflet kesiapsiagaan bencana tsunami 

3. Sebaiknya latihan bersama-sama keluarga ke tempat evakuasi terdekat. 

4. Selalu update perkembangan terkini potensi bencana tsunami dari BPBD setempat.

5. Yang paling penting, selalu rajin beribadah dan menjauhi maksiat. Perlu diingat bahwa bencana terjadi karena manusia itu sendiri yang mengundangnya melalui perbuatan maksiat. Ramaikanlah tempat ibadah dan bersama-sama warga lainnya untuk menjaga lingkungan setempat dari perbuatan maksiat. 
Poin ini akan saya bahas di artikel khusus: Penting ! Hubungan Khusus Bencana dan Maksiat !



0 Komentar:

Post a Comment

Mohon Maaf, saya terpaksa membatasi komen di laman saya hanya untuk yang memiliki akun google, berhubung ada yang suka nge-spam di blog ini. Harap dimaklumi..

Created By Sora Templates