Monday, December 24, 2012

Onsen – Pemandian Air Panas di Jepang

 

Onsen adalah kata dalam bahasa Jepang yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai pemandian (spa) air panas. Onsen merupakan pemandian air panas alami yang disebabkan dari aktivitas vulkanis bawah tanah yang berusia ribuan tahun. Air panas yang dipanaskan secara alami dari magma bawah tanah, yang dikenal sebagai reaksi panas bumi. Namun ada yang Onsen yang dipanaskan seperti sumber alami. Menurut hukum Jepang, Onsen harus dipanaskan sampai lebih dari 25°C hingga bisa diklasifikasikan sebagai mata air Onsen. Panas ini secara tradisional diyakini memiliki kualitas penyembuhan. Dan ada yang Onsen yang diiklankan untuk kebutuhan spesifik berdasarkan komposisi mineralnya. Orang mungkin pergi ke Onsen untuk mencoba untuk meringankan gejala nyeri otot, arthritis, arthralgia, penyakit kulit kronis, atau diabetes. 


Onsen harus memiliki setidaknya satu dari sembilan belas unsur mineral atau kimia tertentu, itu adalah mineral alami yang diyakini memiliki efek penyembuhan pada tubuh. Ada banyak sumber air panas di Jepang, karena banyaknya pegunungan vulkanis yang tersebar di seluruh negara Jepang, dan sejak dulu sering digunakan sebagai pemandian umum. Sekarang mereka digunakan sebagai tujuan wisata bagi pengunjung asing serta sebagian besar penduduk Jepang. Mereka biasanya ditemukan di pedesaan dan pada umumnya pengunjungnya adalah yang mencoba melarikan diri dari kehidupan kota dan tanggung jawab keluarga.


Onsen ditunjukkan pada papan tanda dan peta oleh kanji simbol "yu" yang berarti air panas. Kadang-kadang simbol Hiragana digunakan karena lebih mudah bagi orang-orang muda dan orang asing untuk memahami. Onsen dapat ditemukan sebagai pemandian publik berkapasitas kecil atau bagian dari sebuah resor hotel atau ryokan dan mungkin dalam ruangan, tertutup, terlindung atau di luar rumah yang dibuat sealami mungkin. Perempuan yang laki-laki awalnya mandi bersama-sama, namun spa khusus pria atau wanita telah diperkenalkan selama periode Meiji ketika Jepang mulai menerima pengunjung Barat. Masih ada campuran jender Onsen, meskipun fasilitas jender terpisah jauh lebih populer.


Etika dan Tata Cara

Bila menggunakan Onsen, diharapkan semua tamu sebelum mandi untuk mencuci dan membilas tubuh mereka di sebuah stasiun mandi yang diatur dengan bangku, perlengkapan mandi, dan fasilitas shower. Hal ini penting untuk mencuci tubuh dengan sabun dan sampo, dan membilas tubuh dengan benar karena secara sosial tidak dapat diterima jika seseorang yang memasuki Onsen dengan jejak kotoran atau sabun pada tubuh mereka. Yang mandi tidak diperbolehkan untuk memakai pakaian renang dan harus mandi telanjang. Ada beberapa Onsen modern yang memungkinkan orang untuk memakai handuk atau baju renang, tapi ini adalah pengecualian. Sebelum pergi ke Onsen, Anda harus mencoba untuk terbiasa dengan cara mandi di tempat umum tanpa pakaian. Handuk dapat digunakan untuk segala kerendahan hati ketika berjalan antara stasiun membilas dan fasilitas mandi, namun handuk tidak dapat digunakan di dalam air karena dianggap najis dan bahwa hal itu dapat mencemari air.


Faktor penting yang perlu diingat ketika mengunjungi Onsen adalah untuk mengikat rambut panjang sehingga tidak jatuh ke dalam air dan tidak meletakkan kepala Anda atau wajah di dalam air, Anda tidak boleh mabuk atau minum alkohol saat mandi, menjaga kebersihan dan kebersihan setiap saat, menghormati orang lain dan menjaga suara untuk minimum, berhati-hatilah ketika memasuki air karena akan menjadi panas disarankan untuk masuk perlahan-lahan. Juga setelah mandi adalah mungkin tubuh akan mengalami dehidrasi dari mandi lama di air seperti suhu tinggi, sehingga minum cairan penting setelah mandi di Onsen.

Nah, bagi yang Muslim.. Kayaknya untuk aturan seperti di atas perlu pikir-pikir dulu kali ya.. Suatu kewajiban bagi setiap muslim untuk menjaga auratnya supaya tidak terlihat orang lain bukan?

1 comment:

  1. di jepang memang banyak sekali onsen ya karena terbuka untuk umum..

    ReplyDelete

Mohon Maaf, saya terpaksa membatasi komen di laman saya hanya untuk yang memiliki akun google, berhubung ada yang suka nge-spam di blog ini. Harap dimaklumi..

Created By Sora Templates